Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2024, 06:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Anak diperbolehkan minum susu pada malam hari. Namun, penting bagi orangtua untuk mengetahui waktu terbaiknya.

Agar minum susu optimal untuk tumbuh kembang anak, dianjurkan minum dua atau tiga jam sebelum tidur. Hal itu agar penyerapan gizi terjadi dengan baik dan tidak berdampak buruk terhadap kesehatan.

"Jadi memang sebaiknya susu itu diminum dua sampai tiga kali sehari, tapi untuk malam hari jangan menjelang tidur," ujar doktor lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK di Jakarta, Kamis (25/1/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 5 Tips agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi, Mulai Sejak Dini

Risiko kesehatan anak minum susu malam hari

Ada dua risiko kesehatan yang perlu diperhatikan ketika anak minum susu pada malam hari.

Pertama, berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Ray menjelaskan, kebiasaan minum susu sebelum tidur berpotensi menyebabkan gigi berlubang, terlebih jika ditambah kebiasaan mengisap dot.

Sebab, banyak anak merasa nyaman dengan posisi tidurnya sambil mengisap dot, sehingga tertidur dan sulit dibangunkan untuk menyikat gigi.

Tidur dalam kondisi gigi kotor jika dilakukan terus-menerus berisiko menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga:

Risiko kesehatan lainnya berkaitan dengan fungsi pencernaan. Ray menyebutkan, idealnya anak mengosongkan pencernaan dua jam sebelum waktu tidur.

Sementara jika susu diberikan terlalu mepet waktu tidur, fungsi pencernaan dapat terganggu.

"Kalau lambung masih penuh itu pasti gak akan bisa tidur, ya. Kembung, terutama pada anak-anak. Kalau lambung masih penuh da potensi untuk regurgitasi atau naik lagi makanannya (ke kerongkongan). Jadi sebaiknya lambung kosong dalam waktu dua jam sebelum tidur," ujarnya.

Selain itu, memberi jarak waktu minum susu malam hari dan waktu tidur juga dilakukan agar tubuh anak masih bisa melakukan metabolisme sesuai fungsinya dan bisa membakar susu untuk menjadi energi tanpa menyimpannya sebagai kalori berlebih. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com