Kompas.com - 03/03/2020, 06:49 WIB

KOMPAS.com – Kadar kolesterol jahat yang tinggi selama ini hanya dikaitkan dengan makanan berlemak dan jeroan. Temuan studi terbaru menyebut, minuman manis ternyata juga bisa menyebabkan dyslipidemia atau kadar lemak darah yang tinggi.

Dislipidemia merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab stroke.

Dalam penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of the American Heart Association, tim peneliti mengungkap bahaya konsumsi minuman manis setiap hari. Studi ini menganalisis data dari 6.000 orang berusia pertengahan selama 12 tahun.

“Kami sangat tertarik pada bagaimana konsumsi beragam jenis minuman berkontribusi pada perubahan lemak darah. Ada bukti dari studi observasi sebelumnya bahwa tingginya konsumsi minuman manis bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata ketua peneliti Danielle Haslam seperti dikutip Healthline.

Baca juga: Sri Mulyani Usulkan Minuman Berpemanis Kena Cukai, Ini Kata Ahli Gizi

Studi yang dilakukan Haslam menemukan, orang dewasa yang minum minuman manis setiap hari memang beresiko lebih tinggi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Minuman mengandung gula tinggi beresiko sampai 98 persen menyebabkan kenaikan LDL dan 53 persen kenaikan kadar trigliserida.

“Asupan gula dan diabetes memang berperan penting dalam kadar kolesterol,” kata Mark Peterman, dokter jantung dari Texas Health Plano.

Menurutnya, ada kaitan erat antara kolesterol tinggi, berat badan, dan diabetes, atau yang sering disebut sebagai sindrom metabolik.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian banyak orang, mengingat saat ini kita dengan mudah menemukan minuman manis, tidak hanya dalam bentuk softdrink, tapi juga minuman kekinian seperti kopi susu, teh susu, hingga boba.

Baca juga: Bahaya Gula Berlebih di Balik Demam Boba

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.