Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melatih Pikiran untuk Healing dari Kecemasan dan Depresi

Kompas.com - 01/11/2023, 20:32 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecemasan dan depresi adalah dua masalah kesehatan mental yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia.

Dalam upaya mengatasi dan healing dari kondisi ini, melatih pikiran untuk menjadi lebih tangguh dan positif dapat menjadi kunci penting.

Self-healing atau penyembuhan diri sendiri tidak hanya mengacu pada proses penyembuhan fisik, tetapi juga pada penyembuhan emosional dan spiritual. Melatih pikiran untuk healing dapat menjadi kunci penting dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Baca juga: Meditasi untuk Alat Self Healing bagi Pikiran

Meskipun demikian, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental jika kamu memerlukannya.

Berikut beberapa metode dari psikiater Gregory S. Brown yang bisa kamu coba.

Melakukan kebaikan

Dalam sesi meditasi Gregory mengaku sering bertanya perihal aspek spiritual mereka. Namun, hal ini menurutnya tak hanya tentang agama. Aspek spiritual bisa berarti kita menerima bahwa kita memiliki prinsip dan bahwa kehidupan kita memiliki makna.

Keterikatan semacam itu dapat memberikan ketenangan dan kedamaian batin.

Gregory mengatakan mulailah dengan berdoa dan meditasi, kedua hal tersebut merupakan cara umum untuk mengembangkan sisi spiritualitas kita.

Ia juga mendorong pasien mereka untuk melakukan pelayanan tanpa pamrih. Ini bisa seperti mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan di tempat penampungan atau menjadi sukarelawan di dapur umum.

Tindakan kebaikan kecil telah terbukti mampu meningkatkan sikap optimis dan perasaan kendali atas hidup. Melakukan kebaikan tanpa pamrih juga bisa membantu memperkuat ikatan emosional dengan orang-orang di sekitar kamu.

Baca juga: Meningkatkan Self Healing dengan Mengepang Rambut

“Makanan sebagai obat”

Pengaruh pola makan terhadap pikiran dan suasana hati kita begitu signifikan sehingga semakin banyak psikiater yang menganut prinsip "makanan sebagai obat".

Makanan yang kaya nutrisi, terutama buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan, menyediakan komponen penting untuk menjaga kesehatan sel, hingga molekul lainnya di otak dapat berfungsi secara optimal, serta membantu mencegah atau mengatasi gejala depresi dan kecemasan.

Mulailah dengan memasukkan makanan yang menenangkan dan kaya nutrisi ke dalam pola makan.

Kamu tidak perlu menghentikan konsumsi makanan lainnya, tetapi gunakan makanan tersebut sebagai dasar untuk menambahkan jenis makanan lainnya.

Sebagai contoh, tambahkan salmon ke dalam hidangan pasta untuk meningkatkan asupan omega-3, atau campurkan kangkung ke dalam smoothie, atau tambahkan ke dalam hidangan makaroni dan keju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com