Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2023, 11:28 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat seseorang melakukan gerakan senam seperti bela diri namun dengan tempo yang sangat lambat?

Itulah yang dinamakan sebagai tai chi, sebuah bentuk seni bela diri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok yang melatih aliran energi dalam tubuh.

Pertanyaannya, apakah gerakan yang lambat ini bermanfaat bagi tubuh? Jawabannya adalah iya, gerakan mengalir lambat seperti Tai chi bisa memberikan pengaruh besar bagi tubuh.

Pelatih pribadi dan spesialis pengobatan oriental, Tim Sobo, LAc, CPT, CES, menjelaskan bagaimana tai chi dapat membantu kita menemukan keseimbangan, baik fisik maupun mental.

Apa itu tai chi?

Sebelum kita masuk ke manfaat dan pengaruh tai chi bagi tubuh, mari pahami terlebih dahulu apa itu tai chi.

Tai chi adalah bentuk latihan low impact dengan gerakan yang lembut, di mana kita melakukan serangkaian gerakan sambil memusatkan perhatian pada napas yang dalam dan lambat.

Sobo mengatakan bahwa Tai Chi biasanya disebut sebagai ‘meditasi dalam gerakan’ karena merupakan serangkaian latihan yang dapat membantu menyelaraskan energi dan pikiran tubuh kamu.

Tai chi telah menjadi pilar pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad dan gerakannya dirancang untuk memberi dan menyeimbangkan energi di tubuh yaitu qi (dibaca‘chi’) mengingat qi yang seimbang dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik.

“Saat berlatih tai chi, kita tidak mementingkan seberapa cepat bisa bergerak, namun bagaimana kita membuat gerakan mengalir bersamaan. Kita menggerakkan seluruh tubuh sebagai satu kesatuan. Dan karena kekuatan dan keseimbangan diperlukan, tai chi sangat bagus untuk otot dan tulang,” terang Sobo.

Baca juga: Serba-serbi Tai Chi bagi Pemula, dari Manfaat hingga Cara Melakukannya

Manfaat Tai chi bagi kesehatan

Setelah mengetahui apa itu tai chi, sekarang saatnya kita menyelam ke bagian manfaat dari gerakan ini.

Telah ada ratusan penelitian tentang tai chi dan para peneliti menemukan bahwa tai chi dapat membantu mengatasi banyak masalah kesehatan.

“Ada bukti yang menunjukkan bahwa tai chi bermanfaat untuk kekuatan otot secara keseluruhan, kesehatan sendi, fleksibilitas, dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi,” kata Sobo.

Tidak kalah penting, beberapa manfaat kesehatan terbesarnya adalah:

1. Membantu mengurangi stres

Melihat gerakan tai chi yang penuh kesadaran ditambah juga dengan sebutan ‘meditasi’-nya, sudah bisa ditebak bahwa salah satu manfaat tai chi adalah untuk mengurangi stres.

Sebuah penelitian kecil tentang “orang sehat namun stres” menyebutkan bahwa melakukan tai chi selama 12 minggu dapat mengurangi tingkat kecemasan yang mungkin lebih baik dari bentuk olahraga lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com