Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kebiasaan Hidup Sehat yang Bisa Memperlambat Penuaan

Kompas.com - 13/12/2023, 09:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Efek penuaan tidak hanya terjadi di luar tetapi juga di dalam tubuh kita, atau yang dikenal dengan penuaan biologis. Dalam beberapa kasus, ini bisa meningkatkan risiko penyakit dan kematian.

Memang, penuaan biologis bersifat unik untuk setiap individu dan tidak hanya bergantung pada faktor genetik yang sulit untuk dipengaruhi, melainkan juga pada faktor lingkungan.

Hal inilah yang akhirnya menarik minat tim peneliti di AS menentukan apakah daftar kebiasaan sederhana "Life's Essential 8" dari American Heart Association (AHA) untuk kesehatan jantung bisa mempengaruhi penuaan biologis.

Untuk melakukannya, para peneliti menghitung usia fenotipik (usia tubuh yang berhubungan dengan kesehatan) dan percepatan usia fenotipik (perbedaan antara usia aktual dan usia fenotipik) lebih dari 6.500 orang dewasa.

Dipresentasikan oleh AHA, temuan penelitian tersebut menunjukkan bahwa kesehatan jantung yang baik dapat membantu memperlambat penuaan biologis, dan faktor gaya hidup "Life's Essential 8" dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hal ini.

Baca juga: Diet Terbaik untuk Dukung Penuaan yang Sehat Menurut Ahli

Hasil penelitian

Peneliti senior dan asisten profesor epidemiologi di Mailman School of Public Health di Columbia University Irving Medical Center di New York, AS, Nour Makarem, PhD, mengatakan bahwa kesehatan jantung yang lebih tinggi dikaitkan dengan penuaan biologis yang melambat, yang diukur dengan usia fenotipik.

"Kami juga menemukan hubungan yang bergantung pada dosis, ketika kesehatan jantung meningkat, penuaan biologis akan menurun," ungkapnya.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan, daftar periksa AHA bahkan dapat membantu memperlambat penuaan biologis hingga enam tahun.

Secara detail, para peneliti melaporkan bahwa partisipan dengan kesehatan kardiovaskular yang baik memiliki percepatan usia fenotipik yang negatif.

Dengan kata lain, mereka secara fisiologis lebih muda daripada usia sebenarnya. Hal yang sebaliknya terjadi pada partisipan dengan kesehatan kardiovaskular yang buruk.

"Sebagai contoh, rata-rata usia aktual mereka yang memiliki kesehatan kardiovaskular tinggi adalah 41 tahun, namun usia biologis rata-rata mereka adalah 36 tahun."

"Dan rata-rata usia aktual mereka yang memiliki kesehatan kardiovaskular rendah adalah 53 tahun, meskipun usia biologis rata-rata mereka adalah 57 tahun," tulis hasil penelitian tersebut.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Terbukti Bikin Orang Menua dengan Bahagia dan Sehat

Kebiasaan hidup sehat yang memperlambat penuaan

Tidur, diet, olahraga, kepatuhan yang lebih besar terhadap semua metrik "Life's Essential 8" dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dapat memperlambat proses penuaan tubuh, serta memiliki banyak manfaat di kemudian hari.

Berkurangnya penuaan biologis tidak hanya dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah seperti penyakit jantung, tetapi juga dikaitkan dengan usia yang lebih panjang dan risiko kematian yang lebih rendah.

Jadi, apa saja delapan kebiasaan yang harus kita terapkan untuk kesehatan jantung yang baik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com