Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Adinia Wirasti Hadapi Polusi Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Kompas.com - 30/08/2019, 07:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas udara yang kurang baik di wilayah ibu kota menjadi perbincangan yang hangat dalam beberapa waktu terakhir.

Bagi artis peran Adinia Wirasti, polusi udara cukup ditangkal dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal itu penting sebab perempuan yang akrab disapa "Asti" itu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan , terutama ketika menjalani rutinitas syuting.

"Menurutku, polusi sudah terjadi dan sudah ada di sekitar kita. Sekarang bagaimana kita cari solusi untuk counter attack," kata Asti dalam peluncuran minuman susu Nutriboost di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).

Ia sendiri menerapkan pola makan sehat seperti memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Secara khusus, artis peran yang namanya melambung lewat film Ada Apa dengan Cinta (AADC) itu memperbanyak asupan air ketika banyak beraktivitas di luar ruangan.

"Kalau lagi banyak kegiatan di luar pasti asupan minum aku banyak banget. Pokoknya aku sesuaikan pola makan tergantung kebutuhan di luar," ujarnya.

Baca juga: Seberapa Efektif Masker Melindungi Kita dari Bahaya Polusi Udara?

Meski mengatur ketat pola makannya, termasuk tidak mengkonsumsi nasi, namun Asti tetap menambah konsumsi karbohidrat dan asupannya pada hari-hari sibuk untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

"Kalau lagi banyak mikir, banyak meeting, agak enggak mungkin enggak makan karbo. Karena proses untuk develop cerita, karakter ada di kepala," tutur peraih penghargaan Pemeran Wanita Pendukung terbaik di Festival Film Indonesia 2005 itu.

Sementara untuk olahraga, Asti sudah lama berhenti lari karena mengalami cedera lutut. Hal itu membuatnya tidak banyak menghabiskan waktu olahraga di luar ruangan.

Saat ini ia memilih menjalani rutinitas olahraga dalan ruangan. Seperti latihan otot, latihan sirkuit dan Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT).

"Semuanya memerlukan alat dan tempat yang cukup luas. Kebanyakan di dalam. Tapi selebihnya hampir 75 persen pekerjaanku outdoor," kata perempuan kelahiran 19 Januari 1987 itu.

Hal terpenting, Asti mengingatkan agar kita tak malas mencari sebanyak-banyaknya informasi terkait pola hidup sehat, terutama untuk menangkal radikal bebas karena polusi udara dan stres akibat kesibukan harian.

"Memang harus sering ngobrol sama banyak orang. Karena kita enggak ngasih diri sendiri informasi yang cukup," ucapnya.

Baca juga: Jangan Olahraga di Luar Ruangan Saat Polusi Udara Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com