Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui 7 Superfood yang Dapat Mengurangi Kecemasan

Kompas.com - 04/10/2023, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Superfood adalah kategori makanan yang kaya akan nutrisi seperti antioksidan, mineral, dan vitamin.

Makanan ini sering kali juga mengandung serat, protein, maupun lemak sehat.

Menurut ahli gizi terdaftar, Beth Czerwony, superfood dapat membantu meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit.

Tak hanya itu, beberapa superfood seperti yogurt dan kunyit juga telah terbukti mampu membantu mengatasi perasaan cemas dan mengurangi stres.

Sehingga memasukkan makanan ini ke dalam diet seimbang adalah cara alami yang berpotensi membantu mengurangi kecemasan dan berdampak positif pada kesehatan mental.

Baca juga: 5 Makanan yang Bantu Redakan Kecemasan dan Depresi

Superfood yang dapat mengurangi kecemasan

Dilansir dari laman Yahoo, berikut adalah daftar beberapa superfood yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk mengurangi kecemasan.

1. Yogurt

Mengonsumsi yogurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat mejadi cara mengobati sariawan secara alami.FREEPIK/JCOMP Mengonsumsi yogurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat mejadi cara mengobati sariawan secara alami.
Yogurt adalah sumber probiotik yang sangat baik, atau dikenal sebagai bakteri sehat.

Menurut penelitian, probiotik yang ditemukan dalam yogurt terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi kecemasan.

Sslain itu, penelitian juga menunjukkan, bakteri usus yang sehat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental, suasana hati, dan kualitas tidur yang baik.

Dalam sebuah penelitian terbaru, 66 wanita pascamenopause makan yogurt setiap hari selama enam minggu.

Para wanita yang mengonsumsi yogurt probiotik mengalami pengurangan dalam hal kecemasan dan stres, serta meningkatnya kualitas hidup secara signifikan.

Sementara sebuah studi tahun 2013 dari UCLA menemukan, wanita yang mengonsumsi yogurt probiotik secara teratur mengalami perubahan fungsi otak, baik dalam keadaan istirahat maupun sebagai respons terhadap keadaan yang penuh tekanan.

"Temuan kami menunjukkan beberapa kandungan yogurt benar-benar dapat mengubah cara otak kita merespons lingkungan," kata seorang profesor kedokteran di bidang pencernaan di David Geffen School of Medicine UCLA dan penulis utama studi, Dr Kirsten Tillisch.

Namun, penting untuk dicatat, tidak semua yogurt mengandung probiotik. Pilihlah yogurt dengan kultur aktif hidup yang tercantum dalam bahan-bahannya untuk mendapatkan manfaat probiotik.

Baca juga: Ngemil Yogurt Bantu Redakan Depresi, kok Bisa?

2. Cokelat hitam

cokelatpexels.com cokelat
Mengonsumsi cokelat hitam juga dapat mengurangi kecemasan, karena makanan ini kaya akan flavonol, salah satu jenis antioksidan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com