Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Pelembap di Area Lipatan Tubuh, Ternyata Ini Sebabnya

Kompas.com - 01/02/2024, 20:47 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Produk pelembap kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah kondisi kulit, termasuk salah satunya agar kulit lebih lembut.

Bahkan, pelembap bisa membuat kulit tampak awet muda jika diaplikasikan sejak lama.

Beberapa krim pelembap juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat memberikan nutrisi tambahan bagi kulit, termasuk SPF atau Sun Protection Factor yang dapat melindungi dari paparan sinar matahari langsung.

“Ada pula pelembap yang mengandung (tabir surya) SPF 30. Jadi itu bisa dipakai pagi hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari, ada banyak jenis yang bagus untuk kulit” kata dermatolog lulusan Universitas Udayana dr. Ricky Maharis, Sp.KK di Jakarta, Rabu (31/1/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Alasan jangan gunakan pelembap di lipatan tubuh

Namun, ternyata pelembap tidak dianjurkan untuk digunakan di area lipatan tubuh, seperti lipatan paha, ketiak, lipatan bokong, dan yang paling dilarang adalah selangkangan 

“Memakai pelembap di lipatan tubuh tidak disarankan," ujarnya.

Ia menjelaskan, bagian lipatan tubuh memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga sudah memiliki sel minyak lebih tanpa diberi pelembap.

Justru, penggunaan pelembap malah bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri.

"Bila terlalu lembap, jamur dan bakteri akan tumbuh di situ, sehingga infeksi,” tuturnya.

Baca juga:

Lebih lanjut, Ricky mengatakan, penggunaan pelembap yang baik adalah segera setelah mandi, ketika kulit masih lembap sehingga memudahkan krim menyerap ke dalam kulit.

Ia juga menganjurkan untuk memilih produk pelembap sesuai jenis kulit dan menggunakannya secara rutin agar hasil lebih optomal.

Krim pelembap menurutnya dapat membantu memperbaiki fungsi barier alami kulit. Jika barier kulit sehat, maka kulit lebih terlindungi dari infeksi dan iritasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com